6 Air Terjun Baru Ditemukan di Rohul

Keterangan Foto : Camat Bangun Purba Admiral SP (pakai topi) meninjau lokasi titik Air Terjun Aek Martua di Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba.

ROKANHULU - Pemerintah Kecamatan Bangun Purba menemukan 6 titik air terjun di kawasan Aek Martua di Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu.

Dengan penemuan enam titik air terjun yang baru itu, maka ditambah satu titik air terjun besar di kawasan objek wisata Aek Martua yang akan dikembangkan oleh Pemkab Rohul, berjumlah menjadi tujuh titik.

‘’Kita melihat potensi enam air terjun baru di kawasan Aek Martua ini sangat luar biasa jika itu dikembangkan dan dibenahi. Kita optimis kawasan objek wisata Aek Martua akan menjadi objek wisata pilihan masyarakat Rohul ke depannya khususnya Provinsi Riau,’’ ungkap Camat Bangun Purba Admiral SP, Selasa (14/11) di ruang kerjanya.

Dengan adanya komitmen Pemkab Rohul di bawah kepemimpinan Bupati Rohul H Suparman SSos MSi dan Wabup Rohul H Sukiman untuk mengembangkan objek wisata alam ini, ke depannya Kecamatan Bangun Purba khususnya Desa Tangun akan menjadi objek wisata pilihan wisatawan.

‘’Kita akan lakukan koordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Rohul, bagaimana potensi objek wisata di Kawasan Aek Martua segera dibenahi dan dikembangkan. Karena potensi objek wisata ala mini sangat menjanjikan sekaligus mengangkat perekonomian masyarakat di Kecamatan Bangun Purba,’’ ujarnya.

Admiral menjelaskan, ditemukannya enam titik air terjun Aek Martua oleh Pemerintah Kecamatan Bangun Purba, ketika melakukan ekspedisi sejak Sabtu (11/11) hingga Ahad (12/11), guna mencari titik baru objek wisata Air Terjun Aek Martua di Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba.

Dalam ekspedisi yang dipimpinnya, tim berhasil menemukan 6 titik baru yang diyakini belum pernah dikunjungi oleh masyarakat umum.

‘’Ekpedisi pencarian titik baru Air Terjun Aek Martua ini merupakan instruksi Pak Bupati Rohul H Suparman SSos MSi beberpa waktu lalu, dalam rangka pengembangan pariwisata di Negeri Suluk Berpusaka Nan Hijau,’’ tuturnya.

Guna mendukung program pariwisata tersebut, sebutnya, Pemerintah Kecamatan Bangun Purba mencoba melakukan pengembangan objek wisata Air Terjun Aek Martua, dengan melakukan survei di kawasan pariwisata yang menjadi andalan wisata di wilayah kerjanya.

Diakuinya, Air Terjun Aek Martua yang ada sekarang, berjarak lebih kurang 12 km dari Pasirpengaraian, Ibu Kota Kabupaten Rokan Hulu. Dimana kawasan air terjun itu berada di Bukit Barisan.

Sementara ekspedisi pencarian enam titik baru air terjun baru di kawasan Aek Matua dilakukan dengan berjalan kaki, mendaki bukit, serta menelusuri Sungai Aek Martua. Ia dipandu seorang pemuda dan pengukur titik koordinat menapaki setapak demi setapak Sungai Aek Martua.

Sesampainya di titik parkir atau kawasan terakhir yang bisa dilalui kendaraan Roda 2, tim kemudian berjalan sejauh 2 kilometer dengan naik dan turun bukit, hingga sampai ke Air Terjun Carocok. Dari sini, tim menelusuri Sungai Aek Martua hingga ke hilir sungai.

Lebih kurang 200 meter dari sana, dijumpai air terjun dimana air terjun tersebut diberi nama Air Terjun Sahas. Lalu melakukan penelusuran ke hilir Sungai Aek Martua, sekitar 76 meter dari ditemukan air terjun pertama, tim menemukan kembali air terjun kedua yang diberi nama Air Terjun Sahas II.

Selanjutnya, sekitar 100 meter ke hilir Sungai Aek martua dari penemuan air terjun kedua, tim kemudian menemukan lagi air terjun ketiga.

Semakin ke hilir sungai, lanjut Admiral, tim semakin bersemangat karena berturut-turut menemukan air terjun baru hingga ditemukan terjun keempat yang berjarak 86 meter dari penemuan air terjun ketiga.

Air terjun kelima ditemukan 67 meter dari penemuan air terjun keempat. Kemudian air terjun keenam ditemukan sekitar 23 meter dari penemuan air terjun kelima serta puncak Air Terjun Aek Martua yang ditemukan sekitar 150 meter dari ditemukanya air terjun keenam.(rpo)


Hosting Unlimited Indonesia

BACA JUGA

Comments (3)

  • - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)